Buku merupakan alat untuk menyampaikan gagasan. Seorang penulis akan menuangkan pemikiran atau gagasannya mengenai berbagai hal ke dalam buku. Hal ini dimaksudakan agar ide atau gagasan tersebut tidak hanya menjadi miliknya, namun diadopsi oleh orang lain.

Disinilah letak pentingnya pemikir politik -yang hendak menjaga pemikiran dan perasaan masyarakat dengan gagasan atau ideologinya-mencermati kehadiran buku-buku baru di tengah-tengah masyarakat. Hal ini, agar dia mampu memahami wacana-wacana apa yang sedang dilempar dan berkembang.

Biasanya, setiap bulan senantiasa hadir buku-buku baru. Itu artinya, gagasan baru pun siap menjadi tawaran untuk diadopsi oleh masyarakat. Dengan demikian, penjadwalan rutin seorang pemikir untuk mencermati hadirnya buku-buku baru setiap bulannya adalah langkah penting untuk memahami gagasan yang sedang dilempar. Semua ini merupakan modal berharga bagi dirinya untuk mampu menghadirkan wacana tanding sekaligus penjagaan atas pemikiran dan perasaan ummat agar senantiasa sesuai dengan gagasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here