[News] Bandung – Analyze Press. Ribuan Massa yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung Sate dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia (MayDay), Kamis (1/5/2014). Sebuh momen perjuangan kaum buruh dalam melawan kekuasaan kapital. Dengan mengenakan seragam berwarna merah, massa membawa berbagai spanduk yang isinya menuntut peningkatan kesejahteraan buruh dan menolak PHK.

Menurut KASBI, kaum buruh hanya merasakan hari libur satu mei, tetapi nasib mereka masih berada dalam cengkramann penghisapan kaum modal. Upah murah, sistem kerja kontrak dan outsourcing, nilai upah 2014 yang ditetapkan saat ini bukanlah kenaikan untuk kesejahteraan.

Dengan kenyataan itulah, Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Wilayah Jawa Barat menilai bahwa Negara telah gagal sejahterakan rakyat. Untuk itulah KASBI Jawa Barat menyampaikan pikiran dan tuntuntan sepuluh tuntutan rakyat (SEPULTURA) agar :
1. Hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourching
2. Tolak Politik Upah Murah : Berlakukan Upah Layak Nasional
3. Tolah PHK, Union Busting dan Kriminalisasi Anggota dan Pengurus SB
4. Laksanakan Hak-Hak Buruh Perempuan dan Lindungi Buruh Migran Indonesia
5. Jaminan Sosial Bukan Asuransi Sosial
6. Tanah dan Air untuk Kesejahteraan Rakyat
7. Tangkap, Adili dan Penjarakan Pengusaha Nakal
8. Tolak Privatisasi : Bangun Industri Nasional Untuk Kesejahteraan Rakyat
9. Pendidikan dan Kesehatan Gratis untuk Rakyat
10. Turunkan Harga Kebutuhan Pokok

Massa buruh tetap bersemangat melakukan aksi dan orasi-orasi dari berbagai buruh, juga perwakilan mahasiswa dan jurnalis. Aksi berjalan damai dengan penjagaan Ratusan polisi. [Fal]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here